Mending Nggak Lulus Daripada Nggak Jujur

9 comments


Bukan hal yang biasa lagi kalo kejujuran itu sangat disepelekan di zaman sekarang ini, dimana memilih kebohongan daripada kejujuran, padahal kalo dipikir-pikir apa sih manfaat bohongin diri sendiri? kalo bohongin orang lain masih mendingan-kan dapat untung dengan cara menipu tapi jangan dilakukan itu jelas tidak baik, gimana kalo bohongin diri sendiri ? dapat apa? dapat penghargaan? dapat uang ? dapat kepuasan?, kalo dapat kepuasan itu pasti ada tapi tidak bertahan lama, dan mungkin bisa saja kepuasan tidak dapat, malah kerugian yang didapat, diibarakan seperti ini "Makan Kekenyangan Tapi Keracunan" bisa di bayangkan bagaimana?. Nah ! sering kebohongan ini dicari pada saat mendekati Ujian Nasional dimana para pelajar kesana kemari mencari bocoran kunci, bahkan rela membayar mahal untuk kunci jawaban itu dan anehnya darimana mereka menemukan kunci jawaban itu? padahal kejujuran itu gratis daripada harus membeli kebohongan dengan harga mahal. 


Jika memang Anda orang yang mempunyai akal maka tidak mungkin Anda membohongi diri sendiri, jika Anda cerdas maka tidak mungkin ada percaya dengan kebohongan! lebih baik jika orang itu mati dengan kejujuran daripada hidup selalu berdampingan dengan kebohongan, sama halnya dengan mending Nggak Lulus daripada Nggak Jujur daripada Anda mengorbankan masa depan Anda untuk sebuah kebohongan yang pasti akan membuat Anda rugi selama Anda tidak mau bertaubat akan hal tersebut. Sebagai pelajar yang baik dan cedas pasti sebuah kejujuran sangat dijunjung tinggi dan sebuah kebohongan pasti dibuang jauh-jauh, bukankah Allah SWT menjelaskan di firmannya di surah at-Taubah ayat 119 "Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar",  JANGAN pernah Anda takut untuk tidak lulus sekolah karena sifat tersebut adalah sifat pengecut yang bukan dimiliki oleh orang-orang pemberani tapi takutlah dengan tidak lulus dalam ujian hidup karena dengan selalu takut akan tidak lulus dalam ujian hidup maka hidup selalu termotivasi untuk lulus didalam ujian hidup, maka dari itu takut tidak lulus sekolah itu harus diimbangi dengan belajar terus menerus, bukan harus membeli sebuah kebohongan untuk lulus dan itu  jelas mental Tempe bahkan lebih rendah dari tempe.


Masa depan itu tidak berpengaruh dengan lulus tidaknya Anda di sekolah karena sebuah  masa depan yang baik itu adalah dengan selalu berusaha dan bersikap jujur dalam menghadapi segala rintangan dan tidak mudah runtuh mental dalam menghadapi sebuah kesulitan. Tahukah Anda di Indonesia orang-orang pintar itu sudah memenuhi kuota standar dalam daftar orang-orang pintar di Indonesia, sebaliknya orang-orang jujur di Indonesia itu dapat dihitung dengan jari, apakah Anda tidak ingin menjadi orang-orang minoritas di Indonesia? tapi tetap yang namanya minoritas akan tetap dikucilkan dihina dibuang dan dihindari tapi jangan pernah takut akan hal tersebut karena sebuah kebenaran memang memiliki musuh yang tidak sedikit karena orang-orang yang jujur itu akan lebih mudah dalam bersaing ketimbang orang-orang yang selalu berdampingan dengan kebohongan. Apakah Anda masih takut untuk tidak lulus disekolah? ingat jadi manusia yang Allah SWT suka karena jika Tuhan sudah suka dengan diri kita karena kejujuran kita maka hal-hal yang tampak sulit akan terasa lebih mudah karena pertologanNYA. 


Jadi ingat takut dengan sebuah hal yang tidak terlalu penting seperti tidak lulus sekolah, maka itu hanya menghambat Anda untuk berfikir kedepan maka dari itu jadikanlah rasa takut tersebut menjadi sebuah motivasi untuk selalu belajar dan berusaha untuk lulus dengan sebuah kejujuran yang lebih tinggi harganya dari pada sebuah kebohongan yang tidak bernilai apa apa.

 Semoga motivasi panjang di atas merubah alur pikiran Anda dan bermanfaat untuk Anda.
Assalammualaikum.


9 comments:

  1. Ya lebih baik lulus dan jujur lah gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya memang harus begitu sih gan malah lebih baik

      Delete
  2. mantabs gan ane suka, tapi saya yakin jarang banget orang kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang jarang sih gan, contoh aja para penjabat

      Delete
  3. Seharusnya jujur dan bisa lulus gan

    ReplyDelete
  4. wak, pasang iklaan jualan cabe boleh wak :v

    ReplyDelete
  5. Hm sepertinya jadi orang jujur itu tidak selalu mengenakan tapi itulah kehidupan harus dijalani saja.

    ReplyDelete