Jenis Jenis Kertas Beserta Fungsinya

Leave a Comment




Macam Jenis Kertas dan Ukuran Serta Fungsinya Bermacam macam jenis kertas di zaman modern seperti sekarang dan setiap jenis kertas juga memiliki peran dan fungsi masing-masing , seperti halnya uang kertas media untuk pembayaran secara tunai juga memiliki nama dan jenis kertas yang memilki fungsi tersendiri dan memiliki kualitas, pabrik kertas tentu yang bisa memprodukasinya dengan kualitas tertentu. Atau buku-buku yang biasa dibaca seperti Novel, Majalah, Buku Nota dan lain-lain. Belum lagi halnya Undangan pernikahan juga salah satunya terbuat dari kertas-kertas tertentu dan memilki fungsi tertentu. Di zaman modern sekarang ini jenis jenis kertas semakin bermacam-macam dan memiliki kualitas dan fungsi dan peran masing masing dimedia percetakan di masing-masing daerah.  Namun kita tak perlu resah karena banyak dipasaran kertas yang di jual dan bervariasi dari harga dan juga kualitas sesuai dengan jenis dan model bahkan ukuran serta ketebalan kertas, karena salah satu jenis kertas yang akan kita bahas juga bisa berasal dari daur ulang kertas.

Kertas Duplex (Coated)

Bahan duplex mudah  dibedakan dari  bahan lain, yakni  sisi depan berwarna putih dan  sisi belakang ke abu-abuan. Jadi yang dicetak hanya satu  sisi, bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan box karena harganya yang relatif murah dibandingkan bahan kertas lainnya.

Kertas Ivory

Bahan  Kertas Ivory banyak memiliki persamaan dengan kertas art karton pada umumnya. Kedua sisinya putih, tetapi tidak seputih art karton, yang membedakan,  art karton kedua  sisinya licin sementara   Kertas Ivory hanya  satu  sisi yang licin. Hampir sama dengan  cwb,  hanya cwb lebih halus. Bahan ini juga banyak digunakan untuk box cosmetic karena cukup tebal dan kokoh.

Kertas Art/Matt Paper

Bahan kertas yang biasa digunakan untuk mencetak sebuah brosur dengan  permukaan yang licin (art)  atau semi doff (matt). Selain licin, produk cetak  yang dihasilkan juga berkualitas bagus karena raster kertas lebih halus.

Kertas Kalkir

Kertas Kalkir hampir sama dengan kertas HVS yang biasanya dipakai untuk media sablon, namun tidak putih alias lebih gelap dan terlihat transparan seperti kertas habis kena tumpahan minyak atau biasa sering disebut dengan kertas minyak.

Kertas  Art Karton

Bahan kertas ini sama seperti art paper, tetapi  gramasi  lebih tebal. Banyak digunakan untuk produk cetak,  seperti : kartu nama, katalog, company profile,brosur, poster dan produk percetakan lainnya yang membutuhkan kertas yang tebal. Umumnya setelah di cetak  bahan ini dilaminasi (optional), supaya hasilnya lebih memuaskan para konsumen.

Kertas CWb/Duplex Putih

Kertas CWb/Duplex Putih memilki bahan yang sama seperti duplex,  hanya  bagian dalam berwarna putih sehingga kelihatan lebih bersih. Biasa digunakan sebagai kotak makanan dan kotak produk-produk makanan

Kertas HVS

Jenis kertas HVS umumnya digunakan untuk kertas  fotocopy / Printer Deskjet. Kertas jenis ini paling banyak digunakan oleh kalangan pelajar untuk membuat tugas seperti makalah, skripsi dan lain-lain

Kertas Samson Kraft

Kertas Samson Kraft memilki warna yang coklat muda , merupakan  bahan hasil  daur ulang  dan memilki permukaan yang kasar. Pada umumnya digunakan untuk kertas bungkus makan cepat saji, tetapi Kertas Samson Kraft ini banyak digunakan untuk pembuatan paperbag dan  handtag (khususnya untuk distro jeans). Karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1-2 warna saja.

Kertas Yellow Board

Kertas Yellow Board ini cukup tebal dan biasanya digunakan untuk kerangka dalam suatu undangan dengan konsep hard cover. Kertas Yellow Board tidak bisa dipergunakan untuk cetak offset dan biasanya dilapisi dengan art paper atau dupleks.

Kertas Corrugated Pape

Kertas Corrugated Pape merupakan karton yang bagian dalamnya bergelombang antara lain digunakan sebagai  box mie instan.  Jika dicetak, box ini umumnya ditempel lagi dengan menggunakan  duplexs kraft atau HVS. Jadi  jika hendak dicetak fullcolor, pencetakan dilakukan pada bahan lain kemudian  ditempel.

Kertas Jasmine

Kertas Jasmine biasa banyak digunakan untuk membuat undangan pernikahan. Kertas jenis ini juga banyak memilki varian warna sesuai kebutuhan dan fungsi yang akan digunakan.

Kertas  Bw/BC/Linen Jepang/ Concord

Kertas Bw/BC/Linen Jepang/ Concord ini memilki tekstur patren yang sedikit kasar, biasanya digunakan untuk kop surat atau sertifikat. Kertas jenis ini juga memilki varian warna yang bermacam macam.

sekian banyak jenis kertas diatas maka dapat disimpulkan jenis kertas HVS yang memilki minat dan penggunaan paling banyak, bayangkan berapa ribu lembar kertas yang digunakan setiap harinya hanyauntuk kebutuhan hari-hari?. Ayo hemat dalam memakai kertas , semoga Artikel ini bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment